Lembaga Dakwah Kampus LDM , ialah lembaga dakwah mahasiswa yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, tergabung dalam Forum Lembaga dakwah kamus (FSLDK) Nasional, Fokus dalam pembinaan islam, dan juga gerakan sosial, web ini menyediakan informasi, artikel , agenda terdekat, seputar kampus, beasiswa, Lagu nasyid, software, Pendaftaran LDK LDM, Buletin Rabbani, ebook gratis, dan masih banyak lagi.

Kamis, 25 Juni 2015

Apa Itu Lembaga Dakwah Kampus (LDK) ?

Lembaga Dakwah Kampus (disingkat LDK)


LDK
Lembaga Dakwah Kampus 
Ialah sebuah organisasi kemahasiswaan intra kampus yang terdapat di tiap-tiap perguruan tinggi di Indonesia. Organisasi ini bergerak dengan Islam sebagai asasnya. Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia pasti mempunyai LDK. Tiap-tiap perguruan tinggi, nama LDK bisa berbeda-beda. Kadang mereka menyebut dirinya sebagai Sie Kerohanian Islam, Forum Studi Islam, Lembaga Dakwah Kampus, Badan Kerohanian Islam, dan sebagainya.

Lembaga Dakwah Kampus adalah lembaga yang bergerak di bidang dakwah Islam ini muncul pada era tahun 60-an, kampus merupakan inti kekuatannya, dan warga civitas akademika adalah obyek utamanya.



Ditinjau dari struktur sosial kemasyarakatan, mahasiswa dan kampus merupakan satu kesatuan sistem sosial yang mempunyai peranan penting dalam perubahan sosial peri-kepemimpinan di tengah-tengah masyarakat. Sedangkan dari potensi manusiawi, mahasiswa merupakan sekelompok manusia yang memiliki taraf berpikir di atas rata-rata.

Dengan demikian, kedudukan mahasiswa adalah sangat strategis dalam mengambil peran yang menentukan keadaan masyarakat di masa depan. Perubahan masyarakat ke arah Islam terjadi apabila pemikiran Islam telah tertanam di masyarakat itu. Dengan berbagai potensi strategis kampus, maka tertanamnya pemikiran Islam di dalam kampus melalui dakwah Islam diharapkan dapat menyebar secara efektif ke tengah-tengah masyarakat.

Lembaga Dakwah Kampus (LDK) merupakan sumber rekruitmen generasi Islam Intelektual-Mandiri yang secara tidak langsung mendukung suksesnya perkembangan Islam, Ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Jumlah LDK di Indonesia tahun 2014 berjumlah 860 LDK. 

Wadah Antar Lembaga Dakwah Kampus

Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus

Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) merupakan wadah silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus (LDK) se-Indonesia. Saat ini lebih populer dengan sebutan Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Indonesia (FSLDKI). Sifat keanggotaan FSLDK terbuka, artinya setiap LDK berhak bergabung dengan FSLDK. Jaringan FSLDK sudah tersebar luas di seluruh nusantara. Mulai dari ujung Sumatra hingga Papua. Hingga kini keanggotaan FSLDK mencapai 860 LDK. Pada mulanya FSLDK hanya dihadiri tidak banyak LDK, berikut LDK yang ikut pada FSLDK pertama:

  • LDK Informatika Studi Islam STMIK Wicida Samarinda (LDK INSI)
  • Jamaah Mujahidin IKIP Yogyakarta
  • LAI Undip Semarang
  • UKKI Unsoed Purwokerto
  • UNS Solo
  • Lpisat Usakti Jakarta
  • UI Jakarta
  • BKI IPB Bogor, diwakili oleh Muhammad Al-Khatat
  • UIKA Bogor
  • Karisma Salman ITB Bandung
  • DKM Unpad Bandung, diwakili oleh Fahmy Lukman
  • UKKI Universitas Airlangga Surabaya
  • BDM Al-Hikmah IKIP (UM) Malang
  • Jamaah Salahudin UGM, diwakili oleh Ismail Yusanto

Di tingkat nasional, kita mengenal istilah Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN). FSLDKN yang terakhir diselenggarakan di Universitas Pattimura AmbonMaluku pada bulan Juli 2010. FSLDKN bertujuan untuk membahas peran LDK dalam sekup nasional dan Internasional (FSLDKN mencanangkan Go-Internasional pada tahun 2014) serta memilih PUSKOMNAS (Pusat Komunikasi Nasional) FSLDK. 

Sedangkan di tingkat daerah, ada juga istilah Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Daerah (FSLDKD) yang bertujuan untuk menterjemahkan hasil FSLDKN, membahas peran LDK di tingkat daerah, dan memilih PUSKOMDA (Pusat Komunikasi Daerah) FSLDK. Hingga saat ini agenda FSLDK semakin beragam, seperti pendampingan LDK, training manajemen LDK, Simposium Internasional, penyikapan isu bencana, gerakan moral, dan sebagainya.

Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (LIDMI)

Merupakan Sarana Kordinasi Lembaga Dakwah Kampus yang bermanhaj Ahlussunnah Wal Jamaah dan merupakan tonggak pergerakan dakwah mahasiswa diseluruh Kampus di Indonesia, temu Nasional I di selenggarakan di Makassar pada bulan juni 2006 yg berlangsung di Lec Athira Antang Makassar SUlawese Selatan yang di hadiri oelh puluhan LDK, forum, & studi club di seluruh Indonesia,

 Tunas I mempercayakan UKM LDK MPM Unhas sebagai Lembaga Dakwah Kampus Legal di Universitas terbesar se Indonesia Timur menjadi Pusat Jaringan Nasional (Pusjarnas) serta 4 pusat Jaringan wilayah (Pusjarwil) yaitu UNM, UGM, Unmulawarman.

Sumber : Wikipedia.org 
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Agenda

Download

Blog Archive

Seputar Kampus

Artikel