Lembaga Dakwah Kampus LDM , ialah lembaga dakwah mahasiswa yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, tergabung dalam Forum Lembaga dakwah kamus (FSLDK) Nasional, Fokus dalam pembinaan islam, dan juga gerakan sosial, web ini menyediakan informasi, artikel , agenda terdekat, seputar kampus, beasiswa, Lagu nasyid, software, Pendaftaran LDK LDM, Buletin Rabbani, ebook gratis, dan masih banyak lagi.

Kamis, 25 Juni 2015

Erosi Jilbab Syar'i 1

Oleh: Ridha Eka Rahayu

Kerudung tipis dan warna-warni

Bagi seorang muslimah berjilbab adalah satu perkara yang "wajib", yang telah  Allah SWT perintahkan di dalam Al-Quran serta Sunnah Nabi-Nya juga kesepakatan kaum Muslimin (ijma) di seluruh dunia.
Ketika Islam memerintahkan wanita untuk berjilbab dan berhijab, hal tersebut bukanlah untuk menyembunyikan wajah atau rambut yang kurang sedap dipandang. 


Tetapi, Islam telah memerintahkan wanita untuk berjilbab dan berhijab karena wajah  dan rambut seorang wanita itu ialah sebuah perhiasan. Perhiasan yang harus dijaga dari mata kaum laki-laki yang tidak bisa menjaga pandangannya, bahkan dari laki-laki yang tidak bisa menundukan hawa nafsu atau syahwatnya terhadap wanita.
Maka jilbab disyariatkan untuk melindungi perempuan dari upaya gangguan atau pelecehan terhadap wanita. Namun demikian wanita tua yang sudah udzur tidaklah diwajibkan untuk berhijab sebagaimana yang dijelaskan di dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an juga menjelaskan bahwa hijab disyariatkan sebagai pelindung wanita dari laki-laki fasiq.

Allah berfirman: Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[*] ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [QS al-Ahzab: 59]

Kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena banyaknya muslimah yang sudah sadar akan syari’at Allah SWT. Dengan mudahnya saat ini kita dapat menemukan muslimah berjilbab syari di beberapa tempat. Bagi anda yang pernah berkunjung ke Timur Tengah pasti menjumpai  jilbab muslimah yang seragam, mereka mengenakan jilbab dan baju abaya hitam bahkan adapula yang mengenakan cadar. 

Lain halnya di negeri ini,  berbagai model jilbab akan kita temui, berwarna warni, berhias macam-macam, seperti gambar awal di atas. Beberapa model jilbab yang beredar di Indonesia :

Berjilbab gaul fungky, memakai jilbab warna-warni, pendek dipadu dengan baju dan celana jeans yang sangat ketat atau baju lebar tapi memakai celana jenis legging yang full press body. Sehingga memperlihatkan bentuk dan lekuk-lekuk tubuh walaupun mengenakan pakaiaan.

Ada juga jenis Jilbab Saringan Tahu, atau mudahnya kita sebut kerudung, kain yang tipis dan dipakai sekedarnya untuk menutup kepala. Pakaian dan celananya tak jauh beda dengan jilbab gaul.

Inilah yang disebut Erosi Jilbab Syar'i. ketahuilah bahwa syetan tidak akan pernah berhenti menggoda anak adam dari jalan yang lurus, yang berlandasakan syari’at Allah SWT dan Rasul-Nya. Jika seorang muslimah sudah sadar untuk memakai jilbab dan ikhlas, setan tetap menggodanya dengan model-model jilbab yang tidak syar’i. Sehingga alih-alih dia berpahala dengan memakai jilbab. Tetapi, karena salah dan tidak mengikuti bagaimana jilbab muslimah yang syar’i justru menjadi sumber bencana.

Tentunya semua akan sepakat ia lebih senang dan sejuk manakala kita melihat wanita yang berjilbab dan berpakaian sesuai dengan tuntunan Islam bila dibandingkan dengan jilbab gaul, apalagi yang memakai baju adiknya, atau baju yang kurang bahan. 

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Agenda

Download

Blog Archive

Seputar Kampus

Artikel