Lembaga Dakwah Kampus LDM , ialah lembaga dakwah mahasiswa yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, tergabung dalam Forum Lembaga dakwah kamus (FSLDK) Nasional, Fokus dalam pembinaan islam, dan juga gerakan sosial, web ini menyediakan informasi, artikel , agenda terdekat, seputar kampus, beasiswa, Lagu nasyid, software, Pendaftaran LDK LDM, Buletin Rabbani, ebook gratis, dan masih banyak lagi.

Senin, 06 Juli 2015

Mutiara Jalanan

Oleh : Eka Yuliani (Pend Kimia UIN Bandung 2013)

Para mutiara jalanan yang sedang belajar


Kiaracondong, sebuah wilayah di Bandung yang terkenal dengan stasiun kereta api nya ini ternyata memiliki sisi lain yang begitu menarik perhatian.

Tepat disudut lapang barat dekat perlintasan kereta api ini terdapat rumah-rumah sederhana beratapkan dan beralaskan terpal ala kadarnya. Kerangka kereta api bekas yang sudah berkarat pun turut menjadi hiasan dinding rumah mereka.


Beberapa kepala keluarga tinggal disana beserta anak dan istrinya. Sungguh, realita kehidupan yang sangat menggugah hati para insan. Anak-anak kisaran usia balita hingga remaja turut menjadi korban dalam cerita ini. Mereka tak henti-hentinya berkutat dengan berbagai problema yang memilukan. Sulit mencari sesuap nasi, sulit mendapatkan pendidikan yang layak, dan sulit merasakan tempat tidur yang nyaman adalah makanan mereka sehari-hari.

Bahkan tak jarang dari mereka yang juga sulit untuk mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya. Mungkin karena orangtuanya terlalu sibuk dengan pekerjaannya, atau mungkin mereka belum tahu cara memberikan kasih sayang yang baik kepada anaknya, sehingga tak jarang anak-anak ini justru mencari perhatian kepada orang lain.

 Lingkungan yang terlalu bebas terkadang membuat mereka mudah bergabung dan bermain dengan siapa saja, tanpa tahu apakah hal tersebut baik untuk mereka atau tidak. Jika lingkungan mereka baik, tentu itu tidak akan menjadi masalah untuk mereka, justru itu akan memberikan dampak yang positif bagi mereka. Tapi jika lingkungannya kurang baik? dikhawatirkan ini akan memicu penanaman nilai-nilai negatif pada diri mereka.

 Dalam usia pertumbuhan dan perkembangan seperti saat ini, biasanya anak-anak cenderung memiliki keingintahuan yang begitu tinggi. Masa-masa seperti ini memang sepatutnya dimanfaatkan untuk memberikan pendidikan moral dan agama kepada anak-anak tersebut.

Seperti halnya sebuah peribahasa, “siapa yang menanam pasti dia yang akan menuai”. Jika sedari kecil mereka sudah ditanami hal-hal yang buruk, maka kelak ketika mereka dewasa, mereka akan mendapatkan hasil yang buruk. Dan sebaliknya, jika mereka ditanami oleh hal-hal yang baik dari kecil, maka insyaAllah, ketika mereka dewasa nanti, mereka akan menuai hal-hal yang baik dan mungkin bisa menebar manfaat bagi orang-orang.

Semoga ini bisa menjadi cambukkan bagi kita semua, para pemuda-pemudi harapan bangsa, agar terus memperhatikan mereka dan memberikan manfaat semampu yang kita bisa. Karena mereka adalah mutiara yang harus kita jaga dan rawat. Jangan biarkan mereka terbengkalai oleh kerasnya kehidupan!
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Agenda

Download

Blog Archive

Seputar Kampus

Artikel