Lembaga Dakwah Kampus LDM , ialah lembaga dakwah mahasiswa yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, tergabung dalam Forum Lembaga dakwah kamus (FSLDK) Nasional, Fokus dalam pembinaan islam, dan juga gerakan sosial, web ini menyediakan informasi, artikel , agenda terdekat, seputar kampus, beasiswa, Lagu nasyid, software, Pendaftaran LDK LDM, Buletin Rabbani, ebook gratis, dan masih banyak lagi.

Sabtu, 04 Juli 2015

Nasihatilah aku sebelum kamu pergi

Ibnu Qayyim berkata dalam kitab Al-Fawaid : "perkumpulan sesama saudara itu terbagi menjadi dua:

1. Perkumpulan yang hanya untuk menghibur hati dan menghabiskan waktu sia-sia.

Perkumpulan seperti ini mudharatnya lebih banyak dari pada manfaatnya. Setidaknya perkumpulan seperti ini dpat merusak hati dan membuang waktu waktu sia-sia begitu saja. 


2. Perkumpulan untuk saling bekerja sama memperoleh kesuksesan dan saling menasehti dalam kebenaran dan kesabaran.

Perkumpulan seperti ini mendatangkan kebaikan dan manfaat  yang sangat besar.

Mengunjungi saudari karena Allah akan memperoleh ganjaran pahala yang besar dari Allah. Oleh karena itu, masing masing dari kit wajib mengunjungi saudarinya denga  meniatkan kunjungan tersebut karena Allah, bukan hanya sekedar untuk menghabiskan waktu sia-sia dan menghibur hati belaka. 

Mari kita sama sama saling bekerja sama untuk menjadikan kunjungan kita pada saudari kita dalam rangka untuk saling menasihati dan menanyakan kondisi saudari-saudari kita.  Selain itu, dalam rangka untuk saling merasakan kebahagiaan atupu  kesedihan yang sedang gdirasakan.  Hendaknya setiap kunjunga  diakhiri dengan saling memberikan nasihat. 

Allah berfirman dalam surat Al-Asr :

{وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)} [العصر : 1-3]


( 1 )   Demi masa.
( 2 )   Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
( 3 )   kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Sumber :kitab lau ta'lamin kam uhibbuki

Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Agenda

Download

Blog Archive

Seputar Kampus

Artikel