Lembaga Dakwah Kampus LDM , ialah lembaga dakwah mahasiswa yang ada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, tergabung dalam Forum Lembaga dakwah kamus (FSLDK) Nasional, Fokus dalam pembinaan islam, dan juga gerakan sosial, web ini menyediakan informasi, artikel , agenda terdekat, seputar kampus, beasiswa, Lagu nasyid, software, Pendaftaran LDK LDM, Buletin Rabbani, ebook gratis, dan masih banyak lagi.

Selasa, 22 September 2015

Perbaikan Gizi Anak Kos, Ayo! Buat 5 Masakan Ini Di Rice Cooker


Resep makanan di rice cooker

Bagi anda anak kos yang jauh dari orang tua, mungkin pernah mengalami sembelit karena tidak makan dalam sehari hhe. Selain sembelit anak kos juga biasanya kekurangan asupan gizi sehingga terlihat lebih kurus. Harga makan yang semakin naik mungkin penyebabnya. Akhirnya kudapan anak kos adalah nasi dan garam atau krupuk hheehe. ( Misal)


Mungkin memasak nasi dengan menggunakan rice cooker adalah suatu hal yang sudah biasa bagi anak kos. Penanak nasi sesuai fungsi alat tersebut. Tetapi tahukah bahwa pada dasarnya masakan yang berbasis pengolahan direbus dan dikukus dapat dilakukan menggunakan rice cooker? Selain menghemat biaya dan juga praktis, tentunya anda dapat membuat kudapan bergizi.  Dari laman Resep Kita, kali ini. Yuk, kita simak apa saja makanan yang dapat diolah dengan alat yang satu ini.

1. Telur
Biasanya rice cooker dijual satu paket dengan sebuah wadah plastik (biasanya berwarna putih dan memiliki lubang – lubang pada bagian bawah) sehingga rice cooker dapat digunakan sebagai alat pengukus. Nah, jika ingin membuat telur rebus,  bisa melakukannya sekaligus ketika sedang memasak nasi. Caranya, setelah beras dan air ditaruh dalam wadah rice cooker, telur ditaruh diwadah plastik untuk mengukus. Tidak perlu ditunggui karena ketika nasi sudah matang, telur pasti juga sudah matang. Cara yang sama juga bisa dilakukan jika ingin membuat jagung rebus.
,
2. Bubur Ayam
Cara memasaknya sama seperti memasak nasi biasa, hanya saja komposisi air dibuat lebih banyak. Untuk mendapat rasa yang nikmat, silakan masukkan daging dan tulang ayam bersama dengan beras, tambahkan garam juga masukkan daun salam agar bubur lebih wangi. Setelah air mendidih dan beras mulai melunak, jangan lupa untuk diaduk terus ya  dan bila air sudah mulai habis namun beras belum seperti bubur,  boleh menambahkan airnya. Jangan lupa dicicipi,  karena kalau rasa ayam masih kurang, boleh ditambah dengan kaldu ayam.

Teknik ini juga bisa untuk memasak bubur kacang hijau. Tapi jangan rebus santan di dalam rice cooker karena pada saat mendidih santan akan meluap. Cara mengatasinya bisa dengan memakai santan bubuk kemudian diseduh air hangat. Pastikan  juga menaruh air yang cukup supaya kacang hijau tidak lengket di rice cooker karena kekurangan air.

3. Mashed Potato
Rebus kentang yang sudah dicuci bersih di dalam rice cooker, setelah matang dapat dikupas di bawah air mengalir. Jangan lupa membersihkan wadah rice cooker karena nanti akan dipakai kembali. Setelah mengupas kentang, haluskan lalu masukkan kembali ke rice cooker, tambahkan garam dan susu cair secukupnya. Lalu diaduk – aduk terus hingga tercampur dengan baik.  dapat menambahkan merica sesuai selera, ketika sedang mengaduk dalam rice cooker atau ketika akan disajikan.

4. Sayur
Anda juga dapat memasak sayur dengan rice cooker. Caranya masukkan bumbu dan air (jangan terlalu penuh agar tidak meluap ketika mendidih) bersamaan. Bila air sudah mendidih, masukkan sayur. Perhatikan waktu memasaknya ya , jangan sampai air habis atau sayur terlalu matang.

5. Agar-agar
Memasak agar – agar dengan rice cooker juga mudah.  hanya perlu merebus gula pasir, air dan agar – agar bersamaan, sambil sesekali diaduk sampai mendidih. Walaupun caranya mudah, tetapi  harus cermat karena bila dibiarkan dalam keadaan mendidih, air dapat meluap – luap. Hati – hati ya.

Namun jangan lupa untuk memakai alat pengaduk yang tidak tajam agar permukaan rice cooker tidak rusak, juga selalu bersihkan rice cooker setiap habis memakai agar lebih awet.

Ternyata rice cooker dapat menghasilkan banyak menu lainnya selain nasi saja ya, selamat mencoba

*kun
Source: Resep Kita


Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Agenda

Download

Blog Archive

Seputar Kampus

Artikel